Vincent Van Gogh

Mungkin yang udah pernah berkunjung ke blog ini sebelumnya mungkin tahu kalo saya sering posting hasil desain juga. Semacam showcase personal. Ya, saya emang suka ma yang namanya desain visual. Kebawa kebiasaan waktu kecil sih mungkin, sukanya nggambar-nggambar nggak jelas (kalo nggak power ranger yo jiban sebangsanya...). Dan saya ingat dari dulu sampe sekarang Ibu saya tetap mengatakan hal yang sama kalo liat hasil karya saya,

Bwahahaha ... ^^ Yah, namanya juga masi pemula Bu ... Masih butuh banyak belajar yang jelas. Bicara soal desain, saya jadi ingat kalo saya punya beberapa seniman favorit yang karyanya selalu jadi inspirasi buat saya. Orang-orang luar biasa yang karyanya selalu bikin orang tercengang kalo boleh dibilang. Yep, di postingan kali ini saya pengen kasi list 3 seniman visual favorit pilihan saya. Langsung aja kita mulai dari yang pertama. Selamat menikmati ... :)

  1. Vincent Van Gogh

Ya, mungkin rasanya aneh saya menuliskan nama pelukis Belanda ini. Tapi jujur saya sangat menyukai karya-karya Gogh. Sapuan kuas yang tegas, warna-warna yang brilian, dan sapuan garis yang bergerigi membuat karya Gogh berbeda. Oh ya, Gogh adalah seorang ekspresionis, dan mungkin itu alasan kenapa saya menyukainya. Ia memasukkan emosi terdalamnya pada objek yang ia lukis. Dan dari semua karya Gogh, ada dua lukisan yang jadi favorit saya: The Starry Night dan Cafe Terrace on The Place du Forum, Arles, At Night.

Sebenarnya ada beberapa pelukis lain yang juga menjadi favorit saya. Saya juga suka karya-karya Bierstadt dan Diego Velasquez dengan Las Meninas-nya. Oh ya hampir lupa... Satu lagi favorit saya: Night Watch karya Rembrandt Van Rijn (bikin gelap terang khas chiaruscuro sesempurna itu gimana sih caranya...? 0_o).

  1. Dhanank Pambayun

Yep, saya perkenalkan pada sosok yang sukses bikin saya tertarik banget ma desain grafis. Dhanank Pambayun dari JogjaForce, atau yang lebih dikenal dengan Evegrunge (dulu Tragiklabs). Saya ingat ini tepat dua tahun yang lalu sejak pertama kali saya liat karya Dhanank di majalah Concept. Dan well ... saya bener-bener yang nggak bisa ngomong apa-apa... Keren banget bos ! Dhanank terkenal dengan gaya desainnya yang suram (grunge), surealis, super-detail, rumit, dan bertumpuk-tumpuk hingga ratusan layer. Sebagai informasi, Dhanank ini bekerja sebagai freelance designer dan sudah bekerja dengan banyak klien besar. Ia pernah dipercaya buat bikin kaos untuk launching album 30 Seconds To Mars ma RHCP kalo nggak salah. Karya Dhanank favorit saya mungkin adalah karya yang ia ciptakan untuk klien sepatu Puma. Percayalah, Anda pasti bakal melongo dibuatnya ...

Lihat karya-karya Dhanank di www.evergrunge.com

  1. Banksy

Ada yang pernah tau Banksy? Ada yang udah pernah tau karyanya, atau aksi-aksinya yang fenomenal? Yang pernah tau pasti setuju kalo saya bilang bahwa Banksy ini adalah artist favorit saya. Banksy adalah nama samaran dari seorang artis grafiti dari Inggris yang sampe sekarang belum jelas identitas sebenarnya. Satu hal yang pasti, Banksy selalu membuat karya-karya yang luar biasa. Hasil sapuan pylox-nya sudah tersebar di seluruh Inggris bahkan hingga di negara lain.

Keahlian Banksy yang utama ialah karya-karyanya sangat cerdas dan pedas. Menohok, namun penuh humor. Karya-karyanya sangat sarat akan kritik sosial. Keahlian grafitinya yang secara brilian dikombinasikan dengan kemampuannya memanipulasi kondisi bidang, misalnya retakan dinding, menjadi gaya utamanya. Ia juga pernah membuat kaget dunia dengan tiba-tiba menampilkan gajah yang ia lukis kemudian ditampilkan di ruang duduk, atau ketika ia ’berkarya’ di tembok pemisah Israel-Palestina di Gaza sebagai bentuk kritik sosial. Beberapa orang menganggapnya sebagai vandal yang musti dutangkap, sementara yang lain menganggapnya sebagai idola karena aksinya yang luar biasa dan karya-karya yang ia hasilkan. Sedikit orang yang tahu identitas asli Banksy (setau saya sih mungkin vokalis Blur dan Gorillaz si Damon Albarn, soalnya dia pernah dibikinin cover album ma Banksy dengan judul ”Tink Tank”). Idealis dengan gayanya sendiri, dengan kemampuannya untuk mendekonstruksi kemapanan. Pemberontak, idealis, seniman, penggembira, bebas, dan misterius. Luar biasa! XD


No comments:

Post a Comment

menerima pesanan lukisan ikan koi, arwana.

menerima pesanan lukisan ikan koi, arwana.
untuk mempermudah pemesanan silahkan hubungi saya di:cp: 085 6465 797 21 (Indra lukmana painter)